Jumat, 08 Juni 2012

10 Tips Hemat Baterai iPhone

10 Tips Hemat Baterai iPhone Melakukan upgrade untuk iOS 5 memberikan kemampuan baru yang lebih memukau untuk iPhone dan iPad Anda, dari Notification Center sampai iCloud. Namun fitur-fitur ini bisa menyedot baterai. Banyak pengaturan dan aktivitas dalam perangkat yang menyedot baterai dan perlu diwaspadai jika Anda ingin daya tahan baterai lebih panjang. Menerapkan 10 kiat berikut ini mungkin bisa membuat perangkat iOS Anda lebih lama saat penggunaannya. Inilah 10 kiat yang dilansir dari laptopmag.com untuk memperpanjang umur baterai.

1. Matikan “push email”
Saat iPhone diatur untuk selalu siaga menyedot email yang akan masuk, baterai akan lebih cepat habis. Pastikan untuk mematikan fitur “push email”. Anda bisa menjadwal penarikan email pada jangka waktu yang teratur seperti setiap 15 menit, 30 menit sekali, setiap 1 jam atau bisa juga secara manual. Disarankan untuk memilih cara manual bagi yang ingin menghemat daya lebih banyak lagi. Data akan masih bisa dikirimkan secara instan pada perangkat saat Anda menggunakan aplikasi yang mensyaratkannya seperti Mail.

Cara matikan fitur “push email”:
Tap Settings > Mail, Contacts, Calendars.
Pilih “Fetch New Data”.
Tap pilihan di samping “Push”, pastikan berada dalam posisi “Off”.
Pilih interval yang Anda inginkan.
2. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth.
Ini trik yang sudah diketahui banyak orang. Meninggalkan pengaturan wi-fi terus hidup saat tidak digunakan menghabiskan baterai karena ponsel terus aktif mencari koneksi wi-fi bahkan setelah Anda tak menggunakannya. Proses ini mengorbankan daya tahan baterai.
Cara mematikan Wi-Fi:
Tap Settings > Wi-Fi.
Pindahkan tombol wi-fi dari On menjadi OFF.

Tip tambahan: Jika Anda memilih untuk menghidupkan wi-fi terus tetapi tidak menyukai saat iPhone secara otomatis meminta Anda terhubung dengan jaringan wi-fi, Anda bisa mengubah pengaturan menjadi mati dari layar ini.
Bluetooth ialah pengaturan lain yang tak perlu dihidupkan jika tidak dibutuhkan.
Cara mematikan Bluetooth:
Tap Settings > General.
Pilih Bluetooth.
Ubah tombol Bluetooth menjadi Off.

3. Atur Layanan Lokasi.
Cara termudah untuk menghentikan iPhone Anda untuk mencari lokasi Anda sepanjang waktu dan menghabiskan baterai untuk itu ialah dengan mematikan Layanan Lokasi (Location Services).

Cara mematikan Layanan Lokasi (Location Services):
Pilih Settings > Location Services.
Ubah Location Services menjadi Off.
Namun, bagi sebagian pengguna, mengubah layanan ini dianggap terlalu berlebihan karena mereka tak bisa menggunakan aplikasi peta di iPhonenya. Ide yang lebih baik mungkin ialah dengan mengelola aplikasi yang mengakses layanan lokasi. Misalnya tanyakan pada diri sendiri apakah Anda membutuhkan aplikasi kamera untuk memberitahukan lokasi Anda secara tepat?

Inilah cara menyesuaikan Layanan lokasi :

Pilih Settings > Location Services.
Ubah posisi ltombol ke OFF untuk aplikasi apapun yang Anda rasa tak perlu menggunakan layanan lokasi.

Jika Anda benar-benar merasa cemas jika layanan ini menghabiskan baterai , Anda bisa mengakali Sistem Services. Direkomendasikan untuk mengubah Setting Time Zone (kecuali Anda bepergian dan membutuhkannya untuk tetap aktif), Location-Based iAds dna Diagnostics & Usage.

Cara mengakali System Services:
Pilih Settings > Location Services.
Pilih System Services.
Matikan tombol bluetooth untuk layanan-layanan yang Anda tidak hendaki memberikan lokasi Anda.
4. Gunakan Wi-Fi untuk mengunduh konten. Hindari 3G.
Apakah Anda mengunduh aplikasi berukuran besar, file film, atau acara TV, cara terbaik untuk mengunduh ialah dengan memakai jaringan wi-fi. Memakai jaringan 3G akan menghabiskan baterai. Wi-fi biasanya lebih cepat dan membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk mengunduh, yang berarti lebih sedikit daya yang dibutuhkan.
5. Atur Notifications dan jenis peringatan.
Sebuah perangkat iOS bisa memberitahukan setiap muncul peringatan, menyalakan layar iPhone untuk menarik perhatian. Masalahnya ialah layar Anda menggunakan daya baterai dan sepanjang waktu, peringatan ini akan mengurangi ketahanan daya.
Cara mengatur Notifications:
Pilih Settings > Notifications. Anda akan temukan aplikasi yang termuat di dalam In Notification Center.
Pilih aplikasi yang pengaturan notifikasinya Anda ingin sesuaikan.
Pilih gaya peringatan: None, Banners atau Alerts.
Geser ke bawah dan ubah “View in lock screen” menjadi Off. Layar ponsel Anda tidaka akan menyala saat menerima notifikasi baru dari aplikasi tersebut.
Pada aplikasi Message, atur Repeat Alert menjadi Never. Jika Anda tidak membersihkan notifikasi dari layar Anda, ponsel akan memberikan peringatan setiap 2 menit.
Pindahkan sebagian aplikasi ke kelompok “Not in Notification Center”.

6.Kurangi kecerahan layar, sesuaikan waktu redup layar.
iPhone memiliki tingkat kecerahan layar yang tinggi jadi jika Anda mengurangi kecerahannya untuk menghemat baterai Anda bisa memastikan untuk membatasi waktu nyala layar dengan Auto-Lock.
Untuk mengurangi kecerahan layar:
Pilih Settings > Brightness.
Atur Auto-Brightness menjadi Off.
Pindahkan slider sejauh mungkin sepanjang konten masih bisa terbaca di layar ponsel.
Untuk menyesuaikan waktu padam layar (Auto-Lock timeout):
Pilih Settings > General.
Klik Auto-Lock.
Atur timeout layar menjadi 1 menit , pilihan paling pendek.
Mengubah layar menjadi gelap:
Temukan gambar yang berwarna gelap secara online.
Pilih dan tahan gambar dan kemudian pilih Save Image untuk menyimpannya dalam Camera Roll.
Pilih Settings dan pilih Wallpaper.
Pilih gambar yang baru saja Anda simpan di Camera Roll.
Pilih Set, lalu pilih Set Both untuk menunjukkan gambar gelap tadi di Lock Screen dan Home Screen.

7. Matikan getaran/ vibrasi.
iPhone tidak memiliki fitur haptic feedback, tetapi ponsel ini bisa diatur untuk bergetar saat berdering dan saat menerima jenis peringatan lainnya. Mematikan vibrasi bisa menghemat daya.
Cara matikan vibrasi:

Pilih Settings > Sounds.
Pilih Vibrate menjadi Off under Silent.
Geser ke bawah dan atur Vibrate menjadi Off di atas opsi Ringtone.

8. Matikan opsi Raise To Speak menjadi Siri.
Apakah iPhone Anda 4S? Sesuaikan pengaturan Siri yang secara otomatis menghidupkannya saat Anda membawa ponsel ke dekat wajah. Meski praktis, fitur ini bisa menghabiskan baterai. Dengan mematikan opsi Raise to Speak, Anda masih memiliki cara lain untuk berkomunikasi dengan Siri: Cukup tekan dan tahan tombol Home.
Cara mematikan Raise to Speak:
Pilih Settings > General.
Pilih Siri.
Matikan Raise To Speak.
9. Sinkronisasikan lebih sedikit file dalam iCloud.
iCloud merupakan layanan yang mengagumkan, yang memungkinkan kita melakukan sinkronisasi dari awan (cloud), dari surel dan kontak ke bookmark dan foto. Namun, menggunkan iCloud juga bisa menghabiskan daya. Jika Anda mau menghemat baterai, disarankan untuk mencermati apa yang Anda benar-benar butuhkan untuk kirimkan ke server Apple.
Misalnya, jika Anda tidak secara rutin memiliki kontak, even kalender, pengingat, bookmarks dan catatan baru, matikan sebagian opsi. Inilah caranya:

Pilih Settings > iCloud.
Anda bisa menemukan satu daftar fitur yang menggunakan iCloud: Mail; Contacts; Calendars; Reminders; Bookmarks; Notes; Photo Stream; Documents & Data; dan Find My iPhone.
Pilih aplikasi atau data yang tak dibutuhkan, dan matikan.
10. Atur zona waktu secara manual.
Saat dinyalakan pertama kali, iOS 5 akan menampilkan pengaturan default (pabrikan) termasuk deteksi zona waktu tempat Anda berada. Dalam rilis terkini mobile OS Apple, GPS Anda secara berulang diberi peringatan (ping) utnuk memeriksa letak geografis Anda, yang bisa membuat cadangan daya menyusut. Dengan asumsi Anda tidak bepergian ke mana-mana, cobalah menelisik fitur yang ada untuk mematikan kemampuan ini. Anda selalu bisa mengaktifkannya kembali jika bepergian ke luar kota atau negara.
Cara mematikan:
Pilih Settings > Location Services.
Pilih System Services.
Matikan Setting Time Zone dengan mengubah menjadi Off.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar